[vc_row][vc_column][vc_column_text]Usaha fried chicken menjadi salah satu bisnis yang memiliki prospek bagus, bagaimana tidak hampir semua orang ingin memulai usaha ini. Alasannya sederhana, tata kelola usaha yang mudah serta modal yang relatif lebih kecil. Apalagi sudah banyak franchise yang menawarkan kemudahan dan simplenya usaha ayam ini.
Tahukah anda? bahwa untuk memulai usaha fried chicken ada 2 faktor yang paling menentukan selain rasa dan harga, apakah fator-faktor tersebut? Baik, kesempatan ini kami dari tim pengembang revon teknologi sebagai produsen dan fabrikasi perlengkapan dapur komersial akan share dan membahas faktor penentu pada usaha fried chicken.
Alat Dapur Usaha
Fried Chicken
Perlengkapan dapur usaha fried chicken sudah menjadi syarat utama jika anda ingin memulai berkecipung pada usaha prospek tinggi ini. Lantas apa saja daftar perlengkapan dapur fried chicken? mari kita mulai dari:
Mesin Penggoreng Ayama/ Deep Fryer
Ada banyak jenis deep fryer atau mesin penggorengan yang dijual di pasaran, umumnya ada 2 jenis deep fryer yakni deep fryer dengan listrik dan deep fryer dengan gas. sebelum anda memutuskan untuk membeli deep fryer, alangkah lebih baiknya anda tahu dulu perbedaan 2 jenis deep fryer tersebut.
Deep Fryer Listrik
Mesin deep fryer gas ini sesuai dengan namanya menggunakan lisrik sebagai konsumsi utamanya. deep fryer gas jens ini juga memiliki banyak fitur, salah satunya adalah fitur otomatis, mulai dari pengatur suhu hingga cara kerja. Hanya saja deep fryer jenis ini rata-rata menggunakan listrik kurang lebih 1100 watt hingga 2500 watt, itupun untuk kapasitas kecil (anda tinggal menyesuaikan kapasitasnya)
Deep fryer jenis listrik tidak rekomended untuk dapur usaha, rata-rata segmentasi pasar untuk deep fryer jenis ini penggunaan rumah tangga.
Deep Fryer Gas
Nah, deep fryer jenis sesuai dengan namanya adalah mesin penggoreng dengan konsumsi utama gas LPG, rata-rata memiliki kapasitas besar, mulai dari 20 liter minnyak hingga 3o liter, 40 liter dst. Deep fryer gas menjadi salah satu jenis deep fryer yang paling banyak di pilih untuk usaha dapur, khususnya dapur fried chicken.
Khusus untuk Deep fryer gas Revon, dilengkapi dengan pengatur suhu otomatis plus mode baterai. Hal ini menjadi fitur pendukung yang paling dibutuhkan oleh dapur fried chicken. Penggunaan gas juga menjadi sangat hemat karena fitur tersebut.
Catatan : Khusus untuk Deep Fryer merek Revon, penggunaan gas juga disertakan listrik, dimana konsumsi litrik hanya 80 watt saja yang difungsikan untuk pengatur suhu otomatis.
Meja Dusting/ Meje Penepungan Ayam
Ini mejadi perlengkapan yang mungkin bagi sebagaian orang adalah opsional. Namun pada penerapannya banyak bisnis fried chicken yang mengesampingkan Meja dusting sebagai perlengkapan utama. Padahal hasil penepungan sangat berpengaruh disini. Selain itu higienitas dapur juga menjadi penting.
Baca Juga : Spesifikasi Meja dusting Revon
Etalase Penghangat Ayam/ Warmer
Warmer/ etalase warmer/ showcase warmer adalah peralatan yang harus anda punya dalam usaha fried chicken, fungsinya sangat vital, selain untuk menjaga ayam tetap hangat hingga beberapa jam dari proses goreng, warmer ini juga sangat mempengaruhi efektifitas dalam produksi dapur.
Warmer bisa menjaga ayam tetap hangat dan krispi hingga 6 – 7 jam. Dimana suhunya juga bisa anda atur dengan menggunakan pengatur suhu analog. Ini menjadi etalase penghangat makanan yang beda dari lainnya, bisanya etalase penghangat ayam menggunakan lampu untuk menghangatkan. Namun khusus untuk deep fryer gas revon, kami lengkapi dengan heater yang bisa anda atur suhunya dengan listrik yang sangat kecil yakni 350 watt saja.
Ketika anda bandingkan dengan etalase warmer lainnya, rata-rata mereka menggunakan listrik 1100 watt. sedangkan kita 350 watt saja.
Branding & Promosi
Setelah anda berhasil memilih perlengapan dapur, maka langkah selanjutnya adalah melakukan branding dan promosi. Ada beberapa jenis branding dan promosi yang bisa anda gunakan.
Offline Branding
Offline branding adalah mengedepankan rasa pada semua customer, Sudah sepantasnya anda melakukan ini, dimana salah satu bentuk offline branding adalah dengan cara setting ruang usaha anda menjadi nyaman, bersih dan informatif, sehingga semua customer yang memilih makan di fried chicken anda menjadi terkesan.
Yang paling penting juga adalah lakukan hubungan baik dengan customer, dengan cara promo harga, beli 1 dapat 1 , tester gratis, atau sesuaikan dengan gaya sosial lingkungan bisnis anda.
Online Branding
Ini menjadi senjata paling ampuh untuk usaha kuliner sekarang. Anda bisa membuat akun bisnis di facebook, instagram atau youtube, lakukan aktifitas upload promo, gambar dan video, lakukan sharing sebanyak banyaknya. Namun untuk mendapatkan feedback yang bagus, tak lupa kita selalu mengingatkan bahwa untuk usaha kuliner rasa adalah kunci utama.
Pada dasarnya membuka usaha kuliner yang paling anda butuhkan adalah kematangan konsep dan promosi, selain “rasa” pastinya. Selanjutnya adalah kebersihan, hidangan, dan display yang baik.
Untuk support usahada fried chicken anda, anda bisa menghubungi konsultan bisnis yang baik, lakukan riset secara detail. Yang selanjutnya apabila anda membutuhkan bantuan dalam hal setting dapur komersial lengkap dengan semua jenis perlatan standarnya, anda bisa menghubugi konsultan produk kami.[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_video link=”https://www.youtube.com/watch?v=RkpvzoBuzdY” image_poster_switch=”no”][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][woodmart_shortcode_products_widget number=”7″ title=”Baca Juga: Meja Stainless Steel” ids=”56″][/vc_column][/vc_row]