PRODUSEN ALAT DAPUR RESTORAN, BAKERY, CAFE & USAHA KULINER NO.1 INDONESIA

7 Jenis roti di dunia yang harus kamu coba!

macam macam roti di dunia – di indonesia roti bisa dikatakan sudah menjadi makanan ringan sebagai pengganti nasi. kebiasaanya roti di nikmati pada waktu pagi hari ketika mau menjalankan rutinitas. khususnya di indonesia roti memiliki banyak sekali varian rasa yang bisa anda nikmati. jenis roti di dunia

jika kalian sudah mulai bosan dengan nasi, roti sangat cocok jika menjadi pilihan ke dua sebagai pengganti nasi yang mudah untuk di santap. jenis roti di dunia
walaupun roti bukan menjadi makanan yang pokok untuk orang indonesia, tetap saja roti sangat diminati oleh berbagai kalangan, mulai dari anak kecil, dewasa, orang tua karena kepraktisannya dan kenikmatan dari berbagai varian rasanya. jenis roti di dunia

Selayang Pandang Tentang Roti

roti merupakan jenis makanan camilan yang umumnya menggunakan bahan dasar tepung terigu dan di olah dengan berbagai bahan penunjang lainnya untuk menghasilkan rasa yang enak dan memiliki tekstur lembut sesuai dengan selera para pembuatnya.
sejarah-roti-di-indonesia

Baca Juga : jenis-jenis Meja penepungan Stainless steel untuk membuat macam-macam roti 

karena sebenarnya ada banyak jenis roti yang bisa anda ketahui dengan olahan berbeda-beda untuk menghasilkan varian roti yang nikmat dan lezat.
perlu diketahui, ternyata macam-macam roti ini bisa di klasifikasikan berdasarkan negara asal yang membuatnya, misalnya seperti roti belanda, Roti prancis, roti German dan masih banyak lagi jenis-jenis roti lainnya dari berbagai penjuru negara di dunia, salah satunya di indonesia sendiri.
Ahli gizi mengatakan, bahwa dari sepotong roti itu umumnya memiliki kapasitas serat dan mengandung vitamin B kompleks yang cukup baik untuk kesehatan. bahayanya jika roti tidak mengandung kadar serat dapat memicu kadar gula yang cukup tinggi.
Paket Perlengkapan Usaha Bakery
umumnya macam-macam roti yang bisa dikatakan sehat dibuatnya dari tepung gandum, kemudian mempunyai tekstur yang kesat saat dimakan. Bahan pokok utamanya untuk menciptakan macam-macam roti yang sehat ada beberapa pilihan yang bisa digunakan, misalnya seperti gandum, tepung terigu.
seiring dengan berkembangnya teknologi di era modernisasi, roti di buat dengan berbagai variasi dan olahannya pun bisa menggunakan berbagai bahan seperti Mentega, telur, garam untuk menambahkan kadar protein dan gizi sehingga terciptalah macam-macam roti yang memiliki berbagai tekstur serta rasa yang memiliki ciri khas.

Cara menggunakan Mixer adonan untuk semua Roti

pada umumnya, roti adalah makanan pokok bagi mereka yang tinggal di negara barat sana. jenis-jenis roti yang dijual pun biasanya ada yang menggunakan packaging rapih dan bagus, ada juga yang sudah dalam bentuk potongan dengan kondisi masih fresh.
Nah selama ini mungkin banyak diantara Anda yang hanya mengenal beberapa jenis roti saja, seperti roti tawar, roti gandum, roti lapis, dan lain sebagainya. Tapi ternyata ada banyak sekali macam-macam roti di pasaran.
Mungkin bagi kalian yang tinggal di indonesia hanya mengenal beberapa jenis roti yang sangat terbatas, seperti roti tawar, roti manis, roti kukus (bolu), roti bakar.
pada kenyataanya ada banyak lho macam-macam roti yang dijual di pasaran yang kalian harus ketahui supaya bisa menambah sedikit wawasan dan pada akhirnya bisa menambah selera mencicipi jenis-jenis roti.

Sejarah Roti

Salah satu Makanan yang bisa dikatakan memiliki umur yang cukup tua adalah roti. sejarah mengatakan bahwa roti ini berawal dari Negara Eropa yang konon ketika diteliti banyak ditemukan residu tepung pada bebatuan. ternyata bahan gandum bisa dinikmati dengan menjadikan makanan jenis roti ini yang awalnya dikonsumsi dengan olahan Anggur sebagai proses fermentasi sebagai sumber ragi.
4 Alat Penting pada Usaha bakery tang harus anda Miliki

pada masa itu warna roti menjadi pembeda dalam masyarakat dari segi status sosialnya. umumnya roti yang memiliki warna pekat dikonsumsi oleh kalangan bawah yang memiliki status sosial rendah.
konon katanya bahan dasar gandum yang memiliki kualitas bagus pada masa itu harganya sangat mahal. berbeda halnya jika kita bandingkan dengan saat ini, roti yang memiliki warna gelap kecokelatan justru memiliki harga yang cukup exclussive.
selain rasa yang dihasilkan bisa dinikmati dengan enak, roti juga harus memiliki kandungan gizi yang cukup bagus untuk kesehatan tubuh. bahkan sekarang ini roti sudah menjadi makanan (di lain sisi, ada yang mengatakan roti sebagai cemilan) di kehidupan sehari-hari dengan berbagai macam bentuk dan jenis roti.

Berikut Jenis-jenis roti dan Contohnya :

  1.  Roti Tawar

roti jenis tawar ini menggunakan bahan dasar tepung terigu putih, biasanya roti dengan bahan dasar tepung terigu ini mengandung serat, zat besi, serta vitamin B di dalamnya.
roti tawar ini bisa langsung anda sajikan untuk bisa dinikmati dengan menggunakan selai yang bisa di sesuaikan dengan rasa kesukaan anda. populernya jenis roti tawar ini biasa di konsumsi oleh orang-orang amerika dan booming di seluruh dunia.
  1. Roti Gandum

jenis-roti-gandumkalo jenis roti gandum ini memiliki tekstur yang cukup kasar, biasanya juga memiliki warna coklat.
jika kalian pernah melihat roti dengan warna coklat agak pekat (bukan berarti gosong yah hehehe) bisa jadi bahan dasar yang digunakannya adalah gandum.
nah, roti jenis gandum sangat cocok jika anda sedang merencakan program diet sehat. jenis roti gandum banyak di produksi dari negara australia dan amerika
  1. Roti Baguette

jenis-roti-baguetteRoti Baguette bisa di katakan sebagai makanan roti tradisonalnya orang-orang prancis, jenis roti ini memiliki lapisan kulit yang keras, warna cokelat dan terdapat lubang-lubang ketika kalian memakan roti baguette di bagian dalamnya.
ciri khas dari roti ini memiliki panjang yang tidak umum dengan roti jenis lainnya. karena ukuran panjangnya itulah, roti baguette ini di sebut juga sebagai roti tongkat. sangat cocok jika disajikan dengan sup yang diberi berbagai macam topping sesuai selera.
  1. Roti Pita

jenis-roti-pitadari segi bentuk dan modelnya, roti pita memiliki keunikan dari bentuknya yang bulat dan pipih, roti jenis ini biasanya di temukan di wilayah timur tengah tau yang dikenal dengan sebutan roti Arab. Tekstur roti ini agak kenyal tapi lembut di mulut.
Proses pembuatannya bisa dibilang cukup mudah, bisa menggunakan oven deck untuk proses memanggangnya. Roti ini sangat enak jika dinikmati dengan gulai, kare sehingga rasa ketimurannya itu lebih terasa.
  1. Roti Croissant

jenis-roti-croissantNah, kalo di Prancis itu ada roti Baguette ternyata ada juga lho jenis roti lainnya seperti Crosissant. roti ini berasal dari Negara Prancis. disebut croissant karena Roti jenis ini mempunyai bentuk yang mirip seperti bulan sabit.
Roti ini terbuat dari adonan yang berlapis, kalo dirasakan teksturnya itu renyah di mulut dan empuk.
jenis Roti Croissant ini biasanya di nikmati pada pagi hari sebagai teman sarapan anda yang bisa di kombinasikan dengan tambahan keju.
  1. Roti Bagel

ialah roti yang berasal dari Eropa Timur dan menjadi khas di negara tersebut, memiliki bentuk bulat seperti kue donat, bedanya dengan kue donat roti ini  memiliki bagian dalam yang lebih padat.
Roti Bagel cocok disajikan pada waktu makan pagi, cara penyajiannyapun bisa dibelah, dibakar dan diolesi keju krim sesuai selera dan kenikmatan kalian dalam menyantapnya. Pada adonan roti jenis bagel ini umumnya ditambahkan topping seperti kismis, blueberry, atau wijen.
  1. Roti Focaccia

Jenis-roti-focacciaBahan utama jenis roti Focaccia ini menggunakan sandwich, dengan tekstur adonan yang mirip-mirip dengan pizza.
Roti jenis focaccia ini banyak di temui di Negara Italia, dengan adonannya di tambahi bumbu-bumbu vegetarian seperti sayuran, bawang, daging yang cara membuatnya dengan di panggang dalam kurun waktu yang sudah di tentukan
Nah, itulah jenis-jenis roti yang bisa anda temui tidak hanya di negara luar sana, bahkan jenis-jenis roti tersebut sudah bisa anda dapatkan di negara tercinta kita negara indonesia.
jadi kalo kalian pengen nih menikmati macam-macam roti tersebut di atas bisa langsung cari di Toko bakery terdekat di wilayah anda. bahkan pemasaran jenis-jenis roti tersebut sudah bisa kalian dapatkan melalui order online dengan mudah.

Berikut Tips membuat Roti agar Mengembang tidak Bantat

setelah menjelaskan panjang kali lebar dari jenis-jenis roti dan sejarahnya, kita lanjutkan untuk cara membuat roti agar mengembang dan tidak bantat. supaya tidak bingung, simak terus artikel mimin kali ini yah, semoga bermanfaat 🙂

Cara Membuat Roti Manis yang benar

Berikut adalah Resep Roti Manis yang Empuk dan Mengembang dan cara membuatnya :
  1. Pemilihan bahan dasar

    • Gunakan dan pilih Tepung Terigu yang memiliki kandungan protein tinggi sehingga gluten yang dihasilkan banyak dan teksturnya pun baik
    • Pemilihan Ragi, fungsi ragi sendiri adalah sebagai pengembang roti agar sempurna. pemilihan ragi bisa menggunakan ragi instan, selain praktis ragi ini juga harus memiliki kualitas bagus.
    • Siapkan Gula sebagai pengembang isian roti, kinerja gula ini sangat membantu ragi dalam proses pengembangan roti lebih cepat. selain fungsi itu juga gula mampu memberikan warna natural pada roti seperti coklat keemasan.
    • Telur, fungsi telur ialah dapat menjadikan roti lebih lembut. akan tetapi pada kuning dan putih telur memiliki peran dan fungsi yang berbeda. putih telur fungsinya untuk menciptakan tekstur yang kenyal pada roti, sedangkan kuning telur fungsinya agar roti memiliki tekstur yang empuk
    • Gunakan Margarin, bahan ini sangat memiliki peranan penting dalam pembuatan roti. dengan fungsinya margarin mampu menjadikan roti menjadi lembut. gunakan margarin yang sudah memiliki kualitas teruji. anda bisa mendapatkannya di minimarket terdekat.
    • Langkah Terakhir, Gunakan Pelembut dan Pengembang. sesuai fungsinya agar roti mengembang dengan sempurna dan bisa menjaga tekstur lebih lama.
  2. Fermentasi Roti

Proses tahapan ini dilakukan ketika adonan roti sudah memiliki tekstur yang elastis, dan perlu anda ketahui dalam pembuatan adonan roti ini sebaiknya berada pada kondisi ruangan yang tertutup agar roti mengembang dengan baik.
roti bisa dikatakan sudah mengembang, cirinya adalah terdapat serat pada permukaan roti, artinya roti sudah cukup dalam proses fermentasi. akan tetapi proses fermentasi bisa gagal jika :
    • kualitas pemilihan ragi tidak baik
    • tidak menggunakan gula pada adonan
    • pembuatan adonan berada pada ruang terbuka.
  1. Memberikan isian Roti

isian roti sebaiknya tidak keras ataupun kering, karena ada proses lanjutan fermentasi setelah melakukan isian roti ini. hal terpenting yang harus anda ketahui dalam memberikan isian roti, sebaiknya roti dalam kondisi tidak berair atau berminyak.
  1. Proses Pengovenan

Langkah selanjutnya dalam membuat roti manis yang benar yaitu proses pengovenan. hal ini sangat penting karena untuk menentukan agar roti tidak kering dan keras, maka pada tahap pengovenan ini harus melihat besar  atau kecilnya adonan roti.
besar atau kecilnya roti ini akan menentukan suhu pada oven yang akan digunakan agar hasilnya dapat maksimal.
hmmm, panjang juga yah mimin ngejelasinnya. mudah-mudah artikel bisa bermanfaat yah untuk kalian semua. jangan lupa baca juga : Resep dan cara membuat kue lapis bogor

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tentang Revon Teknologi

Revon teknologi fabrikasi kitchen stainless untuk berbagai dapur komersil, seperti restoran, bakery, fried chicken & catering. Bisa custom ukuran, model sesuai kebutuhan dapur anda. KONSULTASI GRATIS !!

Most Recent Posts

  • All Post
  • Etalase Makanan
  • Griddle & Grill
  • Lain-Lain
  • Mesin Vacum & Sealer
  • Oven Listrik
  • Perlengkapan Dapur Bakery
  • Perlengkapan Dapur Resto
    •   Back
    • Oven Gas
    • Meja Stainless Steel
    • Deep Fryer
    • Steamer
    • Bain Marie
    • Grease Trap
    • Kwali Range & Gas Stove
    • Mixer Adonan
    • Warmer
    • Washing
    • Mesin Proofer
    • Cabinet Stainless Steel
    • Kitchen Equipment
    • Paket Perlengkapan Usaha

Nomor Rekening Revon

Nomor rekening revon yang resmi hanya sesuai dengan data rekening yang tertera di website ini atau yang dikirim oleh nomor 08112636308/0811252230

nomer rekening BCA revon teknologi

AlamatJl. Plumbon Raya, Plumbon, Sardonoharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581

Perusahaan

Tentang Kami

Kontak kami

Daftar Produk

Blog

Instalasi

Kitchen Set

Hood & Dusting

Gas Central

Kompor tanam

Help

Privacy Policy

Terms

Conditions

Penawaran Harga

Minta penawaran langsung ditangani oleh konsultan produk dengan harga terbaik.

© 2024 Revon Teknologi