PRODUSEN ALAT DAPUR RESTORAN, BAKERY, CAFE & USAHA KULINER NO.1 INDONESIA

Jual Mesin Proofer Roti | Untuk Mengembangkan Adonan Roti

Revon Teknologi merupakan fabrikasi resmi yang jual mesin proofer roti untuk mengembangkan adonan. Dengan mesin semacam ini maka hasil proofing akan lebih baik dengan hasil mengembang sempurna tanpa bantat, tanpa over baking, dan tapa keriput pasca di oven. Kinerja yang ideal tersebut tidak lain dan tidak bukan karena mesin pengembang roti ini sudah dilengkapi dengan pengatur suhu dan pengatur kelembaban yang menjadi penentu fermentasi. Alhasil ragi dapat bekerja dengan baik mengurai pati dan gula dan menghasilkan roti mengembang sempurna.

Mesin pengembang adonan ini pun dapat dibeli dengan mudah oleh konsumen di tanah air. Kami saat ini menerapkan pemesanan via online dan offline. Dengan layanan online maka konsumen dapat pesan meskipun dari rumah saja. Akan tetapi jika menghendaki datang ke kantor kami, maka bisa datang dengan catatan harus mengikuti protokol kesehatan yang berlaku di new normal yakni jaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan sebelum dan sesudah masuk kantor kami. Solusi semacam ini tentu akan memudahkan semua konsumen tanpa terkecuali untuk mendapatkan produk yang berkualitas.

Mesin Proofer Roti atau Mesin Pengembang Adonan

Mesin proofer roti memang dapat digunakan untuk mengembangkan adonan. Akan tetapi perlu dipahami bahwa tak hanya suhu dan tingkat kelembaban udara saja yang menjadi variabel penentu mengembang tidaknya sebuah roti. Ada faktor lain yang perlu diperhatikan agar roti dapat mengembang. Faktor penentu lain melingkupi jenis ragi yang digunakan, jenis bahan pengembang lain, dan mengetahui apakah roti sudah mengembang atau tidaknya.

Jenis-jenis Ragi untuk Roti

jenis-jenis-ragi-instan-revon

Jenis – jenis ragi untuk roti ternyata ada beberapa macam. Sekarang ini dikenal ada tiga macam ragi yaitu ragi basah, ragi kering, dan ragi insan. Ragi basah dapat digunakan secara langsung namun ia harus dalam keadaan beku atau tidak rusak sebagai ciri bahwa ragi masih bagus. Ragi kering perlu diaktifkan dulu sebelum digunakan yakni di campur dengan air dan gula, setelah muncul gelembung-gelembung, maka ragi telah hidup. Ragi instan harus segera digunakan ketika ia telah dibuka dari kemasan, jika memang tidak habis maka dapat disimpan di ruang kedap udara.

Mengembangkan adonan roti dengan ragi

Roti dapat mengembang dengan baik berikat adanya ragi roti yang aktif (hidup). Ragi ini bekerja dengan cara mengurai pati dan gula menjadi karbondioksida. Proses inilah yang menjadikan roti dapat mengembang dengan ukuran tertentu. Kinerja ragi akan lebih baik jika ditopang dengan suhu dan tingkat kelembaban ruang fermentasi yang sesuai.

Jenis-jenis bahan pengembang adonan

Agar volume kue menjadi lebih besar memang dibutuhkan bahan pengembang kue yang mumpuni. Ternyata tidak hanya ragi saja, namun masih ada sejumlah bahan lain yang dapat menjadikan roti mengembang. Aneka jenis bahan pengembang ini tentunya harus disesuaikan dengan jenis bahan roti. Pertama adalah baking soda, ia mengandung sodium bikarbonat dapat mengeluarkan gas sehingga dapat membuat kue melebar ke samping. Kedua baking powder, yakni bertujuan agar adonan roti dapat mengembang saat dibaking. Ketiga adalah ragi, ragi tentunya paling umum digunakan untuk mengembangkan roti, donat, dan bakpao. Terakhir adalah VX, selain bisa mengembangkan roti, ia juga dapat menghasilkan tekstur yang halus dan remah yang lembut.

Cara mengetahui roti mengembang berhasil

Agar roti dapat mengembang dengan baik maka sangat disarankan untuk tidak sering-sering membuka proofer. Sehubungan dengan mesin dari Revon ini sudah dilengkapi dengan kaca maka untuk mengetahui sudah mengembang tidaknya cukup melihat dari kaca.

Proses Mengembangkan Adonan Roti dengan Proofer

mengembangkan-adonan-dengan-mesin-proofer

Proses  mengembangkan adonan roti dengan mesin proofer memang mudah, akan tetapi tentunya sebelum adonan dimasukkan ke dalam mesin, maka adonan perlu disiapkan terlebih dahulu. Setelah adonan telah siap maka cukup pengguna perlu mengatur suhu dan tingkat kelembaban pada mesin, barulah setelah itu adonan siap untuk di baking. Secara terperinci berikut langkah-langkahnya.

Sebelum mengembangkan adonan dengan proofer

Sebelum mengoperasikan mesin pengembang roti, kita perlu menyiapkan membuat adonan yang sesuai yakni dengan mencampurkan bahan roti pada mesin mixer. Hasil adonan yang dihasilkan oleh mixer haruslah berbentuk kalis agar nantinya dapat dengan mudah dibentuk dan dapat mengembang dengan baik ketika telah masuk mesin pengembang adonan.

Mencampurkan adonan dengan mixer spiral

Mixer spiral dapat dimanfaatkan untuk membuat adonan roti. Pengguna bisa mencampurkan tepung, gula, ragi, dan aneka bahan lainya ke dalam bowl mesin itu, Setelah itu mesin ini bekerja maka ia dapat menghasilkan adonan yang baik dengan jumlah yang besar, sehingga mixer spiral 8 kg ini sangat cocok untuk bakery skala besar.

Hasil adonan super kalis dengan mixer spiral

Adonan yang sangat kalis tentu merupakan sebuah bentuk adonan yang ideal. Tekstur yang semacam ini menjadikan proses pembentukan roti menjadi lebih mudah dan roti dapat mengembang dengan baik dengan tekstur yang baik ketika nantinya telah masuk mesin proofer.

Cara mengetahui adonan kalis

Adonan yang kalis dapat dicirikan ia tidak lagi menempel pada bowl atau wadah lainya. Biasanya ia menyatu menjadi satu adonan yang utuh. Selain itu, adonan kalis sudah barang tentu bertekstur halus  secara keseluruhan.

Perbedaan mixer spiral dan mixer planetary

perbedaan-mixer-spiral-dan-mixer-planetary

Adonan kali dapat dibuat dengan mixer spiral dan mixer planetary. Mixer spiral khusus digunakan untuk membuat adonan kalis karena ia hanya cuma punya satu mata aduk yakni mata aduk hook. Bowl pada mesin ini juga dapat bergerak dengan arah putar mata aduk hook. Alhasil adonan lebih kalis. Mixer planetary juga dapat membuat adonan kalis sekaligus bisa membuat adonan lembut dan encer. Pengguna tinggal mengganti dengan mata aduk yang sesuai.

Mengatur suhu mesin proofer

Suhu pada mesin pengembang adonan dapat diatur dengan mudah. Pengguna cukup memutar thermo analog pada mesin proofer analog dan pengguna juga cukup menekan  pada thermo  digital untuk mendapatkan suhu tertentu. Suhu pada mesin pun dapat dengan sendirinya sesuai dengan angka yang telah diatur tersebut.

Mengatur kelembaban mesin proofer

Tingkat kelembaban pada proofer analog dapat diatur dengan memutar sesuai dengan tingkat tertentu pada panel humidity analog. Begitu pula dengan mesin digital, tingkat kelembaban dapat disesuaikan dengan menekan tombol humidity digital saja.

Suhu dan kelembaban salah menyebabkan roti tidak mengembang

Suhu dan tingkat kelembaban memang menjadi kunci keberhasilan proses fermentasi. Ragi dapat bekerja secara efektif pada suhu hangat,  oleh sebab itu, disarankan agar tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas yakni diangka 30 – 40 derajat. Performa ragi juga dapat dipengaruhi oleh tingkat kelembaban, agar tidak terlalu basah, maka dapat intensitas yang ideal adalah 70 – 80 persen yang diatur pada panel humidity analog/ digital.

Penyebab Roti Gagal Mengembang

Proses pengembangkan roti (fermentasi) secara prinsip memang sederhana. Akan tetapi jika tidak diperhatikan secara teliti setiap prosesnya maka bukan tak mungkin roti gagal mengembang. Kegagalan disini bisa berupa roti bantat tidak mau mengembang atau malah kembali kempas pasca baking di oven. Jika anda mengalami hal demikian, maka mungkin inilah penyebabnya.

Suhu ruangan yang berubah-ubah/ tidak stabil

Suhu suatu ruang fermentasi arus stabil tidak boleh berubah – ubah sejak pertama kali adonan roti ditempatkan pada ruang fermentasi. Suhu yang berubah baik karena ruang tidak tertutup rapat atau bocor atau memang panas yang naik turun dapat mengakibatkan ragi tidak bisa bekerja dengan maksimal. Oleh karena itu sangat dibutuhkan sebuah alat atau mesin yang tertutup dengan rapat dan dengan suhu yang bisa tetap stabil sesuai dengan kebutuhan atau jenis roti yang difermentasi.

Kelembaban udara yang terlalu basah dan tinggi

Faktor tingkat kelembaban udara di ruang fermentasi juga menjadi variabel yang penting. Tingkat kelembaban harus sesuai tidak boleh terlalu kering dan tidak boleh pula terlalu basah. Apabila kelembaban tidak sesuai dengan jenis roti maka kemungkinan juga akan terjadi roti gagal mengembang. Oleh sebab itu, agar tidak terlalu basah, maka sangat disarankan kelembaban diatur pada angka 70 – 80 persen.

Ragi mati/ salah ragi

Penggunaan ragi yang salah atau ragi yang mati juga bisa mengakibatkan fermentasi tidak berjalan atau bantat. Oleh sebab itu pastikan ragi yang digunakan dalam keadaan hidup agar mikro organisme (yeast) dapat memakan gula dan pati tepung sehingga mengolahnya menjadi karbondioksida yang akhirnya rot dapat mengembang. Apabila mengunakan ragi kering maka ragi perlu diaktifkan dulu dengan cara melarutkan ragi dengan air dan gula. Jika mengunakan ragi insan pastikan tidak menggunakan ragi pada kemasan yang sudah terbuka, dan jika menggunakan ragi basah pastikan dalam keadaan baik (tidak rusak) yang tersimpan dalam keadaan beku.

Salah penggunaan tepung

Tepung yang direkomendasikan adalah jenis tepung dengan protein yang tinggi. Akan tetapi tepung dengan protein tinggi cenderung keras, maka dapat dikombinasikan dengan tepung dengan protein sedang. Pastikan tepung telah tercampur dengan dengan gula dan gula agar nantinya bisa mengembang dengan baik. Jika tidak demikian, maka kemungkinan roti tidak bisa gagal mengembang.

Over proofing/ terlalu lama proofing

Proses proofing yang terlalu lama ternyata justru berdampak kurang baik. Roti akan mengalami over baking (mengembang terlalu besar) karena ragi terus bekerja secara terus menerus. Selain bentuk roti menjadi tidak menarik, hal ini juga dapat mengakibatkan roti menjadi keriput atau kembali kempes pasca di oven. Oleh sebab itu pastikan memperhatikan atau mengasi adonan agar tidak terjadi rove baking.

Keunggulan Mesin Proofer Revon

Sudah tak perlu diragukan lagi kalau kami jual mesin proofer roti yang unggul. Keunggulan semacam ini akan lebih menguntungkan konsumen dalam hal produk yang dihasilkan dan biaya operasional yang terjangkau, dan dapat dengan mudah digunakan. Dengan kelebihan semacam ini, bakery besar tentu sangat kami rekomendasikan menggunakan salah satu dari seri yang dijual di revon.co.id. Berikut ini gambaran besar dari kelebihan produk kami.

Listrik sangat hemat hanya 350 watt

Mesin ini memang seratus persen menggunakan energi listrik tanpa adanya gas LPG. Energi listrik ini dimanfaatkan untuk memberikan energi pada elemen pemanas yang ada di bowl (panci). Panas yang timbul pada elemen ini akhirnya memanaskan air yang ada pada bowl sehingga menimbulkan suhu tertentu dengan tingkat kelembaban tertentu. Energi yang dibutuhkan pada proses in memang sebesar 60 watt. Akan tetapi saat mesin ini telah stabil maka daya yang dibutuhkan hanya 350 watt saja. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pemakaian listrik mesin ini sangat hemat tidak bikin tagihan membengkak namun dengan produksi yang tetap maksimal.

Suhu dan kelembaban stabil

Sebagai sebuah mesin yang modern baik proofer analog maupun proofer digital sama-sama telah dilengkapi dengan pengatur suhu dan kelembaban. Praktis pada seri analog pengatur suhunya adalah pengatur suhu mekanik yang dinamakan thermo analog. Pada mesin analog juga telah dilengkapi dengan pengatur kelembaban analog yang dikenal dengan humidity analog. Sama dengan mesin analog, mesin digital sudah punya kelengkapan pengatur suhu digital (thermo digital) an pengatur kelembaban digital (humidity digital). Kedua panel ini lah yang nantinya berguna untuk mengatur suhu dan mengatur tingkat kelembaban ruang fermentasi. Alhasil tidak hanya suhu dan kelembaban sesuai dengan kebutuhan namun suhu dan kelembaban tetap stabil pada angka yang telah diatur sebelumnya. Sebagai contoh untuk memfermentasi adonan rot manis, kita dapat mengatur suhu pada angka 30 – 40 derajat dan tingkat kelembaban udara antara 70 – 80 persen. Otomatis sejak mesin ini stabil maka ia akan tetap pada angka tersebut.

Kapasitas banyak, cocok untuk produksi bakery

Mesin produksi Revon Jogja ini sudah barang tentu cocok untuk industri menengah hingga kapasitas besar seperti bakery. Kapasitas yang banyak ini tentu saja tidak lepas dari dimensi produk (mesin)  pengembang roti yang kami jual proofer ini. Pada proofer yang paling kecil cukup terdiri dari 10 tray atau dapat memuat 10 loyang sekaligus. Ukuran dari tiap loyang ini adalah loyang standar yakni 40 x 60 cm. Itu artinya untuk mesin 10 tray dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan adonan sebanyak 120 adonan dengan asumsi setiap loyang cukup untuk 12 adonan dengan berat tiap adonan seberat 5 gram. Jika mesin yang digunakan adalah proofer seri 14 tray maka kapasitas yang mampu dihasilkan adalah sebesar 168 adonan dan jika proofer 30 tray maka kapasitas produksinya adalah 360 adonan.

Body stainless tahan karat

Sudah tak di pungkiri lagi suatu alat atau mesin yang menggunakan bahan stainless akan cenderung lebih awet (durable). Asumsi seperti ini memang bukan hanya isapan jempol belaka, karena memang logam stainless memiliki karakter tidak mudah berkarat. Ia tetap tahan meskipun ia terpapar oleh suhu yang lembab bahkan air sekaligus. Dengan demikian body luar mesin ini tetap dalam keadaan baik meski sudah dipakai beberapa tahun sekalipun. Bagian dalam pun juga sama yakni tetap utuh. Lebih menguntungkan lagi dengan body dalam yang tahan karat seperti ini, mesin akan terhindar dari kebocoran. Itu artinya hasil proofing akan tetap bagus dan stabil karena seluruh permukaan tertutup dengan rapat.

Produk lokal, garansi dan sparepart mudah dan melimpah

Mesin pengembang adonan merek Revon in adalah produk lokal yakni kami produksi sendiri di tempat (fabrikasi) kami di Sleman. Revon tidak membeli barang  jadi lalu dijual kembali namun kami membuat dan merakit produk ini dari nol hingga menjadi sebuah alat bakery dengan ukuran dan spesifikasi sesuai dengan permintaan konsumen. Dengan karakter lokal pride maka secara otomatis garansi perbaikan dan penggantian suku cadang lebih terjamin, pasalnya spare part (suku cadang) sebagai pengganti komponen yang rusak banyak tersebar atau telah dijual bebas di pasaran. Dengan demikian konsumen bisa segera mendapatkan ganti akan spare part yang rusak. Proses layanan garansi pun secara otomatis akan lebih cepat karena memang suku cadang tersedia. Begitu pula setelah habis masa garansi, konsumen pun juga bisa mencari sendiri di pasaran baik online maupun offline dengan produk komponen yang sama.

Daftar Harga Mesin Proofer Merek Revon

Saat ini kami jual mesin merek Revon dengan harga yang terjangkau. Konsumen bisa mendapatkan mesin pengembang adonan roti ini mulai dari  harga lima jutaan untuk tipe paling kecil, tipe menengah yaitu 14 tray seharga enam jutaan, dan tipe 30 tray seharga duabelas jutaan untuk seri yang analog.  Daftar harga mesin yang seri digital sedikit berbeda yaitu untuk tipe 10 tray di angka enam jutaan, seri 14 tray juga mash di angka yang sama, dan seri paling besar yakni 3 tray hanya sekitar 12 jutaan rupiah saja. Agar lebih jelas berikut adalah daftar seri proofer berikut spesifikasi dan harga jualnya .

Proofer 10 tray analog

Gambar Spesifikasi 
jual mesin pengembang roti Bali
  • Kapasitas: 10 loyang
  • Dimensi: 50 x 67 x 140 cm
  • Bahan Stainless steel
  • Input Listrik: 600 watt
  • Listrik – stabil : 300 watt
  • Pengatur Suhu Mekanikal
  • Pengatur Kelembaban
  • Roda + Rem
  • Harga: 5.700.000

Proofer 14 tray Analog

ambar Spesifikasi 
jual mesin pengembang roti Bali
  • Kapasitas: 14 loyang
  • Dimensi: 50 x 71 x 140 cm
  • Bahan: Stainless steel
  • Input Listrik: 600 watt
  • Listrik – stabil : 300 watt
  • Pengatur suhu analog
  • Pengatur Kelembaban analog
  • Roda + Rem
  • Harga: 6.200.000

Proofer 30 tray Analog

Gambar Spesifikasi 
  • Kapasitas: 20 loyang
  • Dimensi: 102 x 71 x 182 (cm)
  • Listrik: 1100/550 Watt
  • Pengatur suhu: Analog
  • Pengatur kelembaban: Analog
  • Roda + Rem
  • Harga: Rp. 12. 200.000

Proofer 10 tray digital

Gambar Spesifikasi 
  • Kapasitas: 10 loyang
  • Dimensi: 50 x 67 x 140 cm
  • Bahan Stainless steel
  • Input Listrik: 600 watt
  • Listrik – stabil : 300 watt
  • Pengatur Suhu Digital
  • Pengatur Kelembaban
  • Power switch on/off
  • Roda + Rem
  • Harga: 6.400.000

Proofer 14 tray digital

Gambar Spesifikasi 
jual mesin pengembang roti Bali
  • Kapasitas: 14 loyang
  • Dimensi: 50 x 71 x 140 cm
  • Bahan Stainless steel
  • Input Listrik: 600 watt
  • Listrik – stabil : 300 watt
  • Pengatur Suhu Mekanikal
  • Pengatur Kelembaban
  • Power switch on/off
  • Roda + Rem
  • Harga: Rp. 6.700.000

Proofer 30 tray Analog

Gambar Spesifikasi 
  • Kapasitas: 20 loyang
  • Dimensi: 102 x 71 x 182 (cm)
  • Listrik: 1100/550 Watt
  • Pengatur suhu: Digital
  • Pengatur kelembaban: Digital
  • Power switch on/off
  • Roda + Rem
  • Harga: Rp. 12. 700.000

Pembelian aneka mesin proofer di Revon tentunya gak ada ruginya, karena selain mendapatkan produk dengan spesifikasi yang baik, konsumen masih akan mendapatkan garansi akan produk ini yang mana akan menjamin mesin tetap bisa bekerja dengan baik. Garansi yang kami berikan pun berlaku selama satu tahun dengan layanan servis gratis dan penggantian suku cadang gratis. Syaratnya, konsumen cukup menunjukan kartu garansi dan kwitansi pembelian kepada kami. Setelah klaim kami terima maka teknisi kami akan datang ke lokasi. Jika area masih di Jabodetabek dan Jogja maka akomodasi dan transportasi gratis, namun jika diluar dua area itu, akomodasi dan transportasi ditanggung oleh konsumen.

Tak salah lagi tempat jual mesin proofer roti berkualitas dengan bahan stainless steel lengkap dengan pengatur suhu dan pengatur tingkat kelembaban serta mampu memproduksi roti dalam jumlah yang banyak adalah Revon Teknologi. Silahkan langsung menghubungi konsultan kami untuk mendapatkan produk berkualitas ini via telp atau WA atau bisa juga datang ke alamat kantor kami dibawah ini. Produk yang telah dipesan selanjutnya kami proses masuk tahap produksi dan ketika produk telah jadi, maka akan kami kirim sesuai dengan alamat pengiriman.

  • Telp/ WA: 08112636308
  • Alamat: Jl. Baru Mulungan, Gilingan, Sendangadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55285

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tentang Revon Teknologi

Revon teknologi fabrikasi kitchen stainless untuk berbagai dapur komersil, seperti restoran, bakery, fried chicken & catering. Bisa custom ukuran, model sesuai kebutuhan dapur anda. KONSULTASI GRATIS !!

Most Recent Posts

  • All Post
  • Etalase Makanan
  • Griddle & Grill
  • Lain-Lain
  • Mesin Vacum & Sealer
  • Oven Listrik
  • Perlengkapan Dapur Bakery
  • Perlengkapan Dapur Resto
    •   Back
    • Oven Gas
    • Meja Stainless Steel
    • Deep Fryer
    • Steamer
    • Bain Marie
    • Grease Trap
    • Kwali Range & Gas Stove
    • Mixer Adonan
    • Warmer
    • Washing
    • Mesin Proofer
    • Cabinet Stainless Steel
    • Kitchen Equipment
    • Paket Perlengkapan Usaha

Nomor Rekening Revon

Nomor rekening revon yang resmi hanya sesuai dengan data rekening yang tertera di website ini atau yang dikirim oleh nomor 08112636308/0811252230

nomer rekening BCA revon teknologi

AlamatJl. Plumbon Raya, Plumbon, Sardonoharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581

Perusahaan

Tentang Kami

Kontak kami

Daftar Produk

Blog

Instalasi

Kitchen Set

Hood & Dusting

Gas Central

Kompor tanam

Help

Privacy Policy

Terms

Conditions

Penawaran Harga

Minta penawaran langsung ditangani oleh konsultan produk dengan harga terbaik.

© 2024 Revon Teknologi