PRODUSEN ALAT DAPUR RESTORAN, BAKERY, CAFE & USAHA KULINER NO.1 INDONESIA

Over Proofing? Kenali 3 Jenis Adonan Setelah Di Proofing

Apa itu Over Proofing? Over proofing adalah kondisi dimana adonan yang di istirahatkan atau di fermentasi mendapatkan suhu proofing yang terlalu tinggi atau waktu proofing yang terlalu lama. Sehingga adonan menjadi mengembang terlalu besar dan tidak kembali kebentuk semula saat ditekan.

Adonan yang over proofing akan lengket, asam, dan untuk donat menjadi susah digoreng dan membuat bentuknya menjadi kurang bagus. Oleh karena itu memperhatikan suhu, kelembaban dan waktu proofing adonan sangat penting dan harus di perhatikan.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Revon Teknologi (@revon.co.id)

Agar Donat Tidak Over Proofing

Apa yang harus di lakukan agar donat tidak over proofing? Seperti yang sudah admin jelasnya sebelumnya ya, adonan donat yang over proofing akan membuat adonan menjadi lengket, asam dan sudah digoreng dan bentuknya akan rusak atau kurang bagus saat digoreng.

Agar adonan tidak over proofing, anda harus menjaga suhu dan kelembaban adonan yang sedang di proofing. Pastikan suhu dan kelembaban ruangan stabil dan tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Waktu proofing adonan juga harus diperhatikan, untuk pengembang donat bisanya membutuhkan waktu anara 30-45 menit. Waktu proofing bisa disesuaikan dengan ukuran adonan yang anda buat ya.

Ciri Adonan Over Proofing

Bagaimanasih ciri-ciri adonan roti atau donat yang over proofing? Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menjadi wawasan baru untuk anda dalam mengetahui adonan roti atau donat yang over proofing.

Teksur Adonan Terlalu Melar

Pertama ciri adonan over proofing adalah adonan roti atau donat yang anda buat teksturnya melar dan tidak lembuat. Adonan roti atau donat yang bagus setelah di proofing adalah permukaannya halus dan memiliki tekstur yang lembut.

Dari segi bentuk adonan yang over proofing juga bisa anda ketahui, apabila adonan melebar kemana-mana atau menjadi agak gepeng, bisa di pastikan adonan adonan over proofing.

Hal itu terjadi karena waktu proofing terlalu lama, atau suhu ruangan proofing terlalu panas, sehingga aktivitas ragi dalam adonan menjadi cepat dan membuat gluten menjadi melar dan tidak mampu menahan struktur internal adonan.

Adonan Lengket Dan Tidak Elastis

Nah, adonan lengket dan tidak elastik tidak hanya karena kurang kalis saat menguleni adonan. Tapi ini juga bisa dikarenakan proses proofing yang over. Apabila adonan membesar 2-3 kali ukuran awal, dapat anda curigai adonan tersebut over proofing.

Anda bisa mencoba menusuk adonan tersebut pakai jari anda, apabila adonan roti atau donat kembali kebentuk semula, maka itu adonan yang baik. Namun jika saat ditusuk pakai jari dan tidak kembali dan membekas, maka bisa dipastikan adonan tersebut over proofing karena struktur adonan yang over proofing cenderung rapuh.

Aroma Ragi Pada Adonan Menyengat

Ciri adonan over proofing yang selanjutnya adalah aroma ragi pada adonan yang sangat menyengat. Disini anda tidak perlu khawatir, karena adonan yang over proofing masih bisa di perbaiki lagi.

Apa Yang Terjadi Bila Roti Over Proofing

Akibat Over Proofing, apa yang akan terjadi pada adonan roti atau donat? Proses proofing adonan roti dan donat memang menjadi satu tahapan yang sangat krusial. Menguleni dan juga proofing adonan roti dan donat harus pas dan tidak boleh terlalu lama ataupun terlalu sebentar.

Tekstur roti yang over proofing akan menjadi terlalu lunak atau tidak kokoh. Selain itu adonan roti dan donat yang over proofing bisa jadi lengket. Adonan roti dan donat yang lembek bila di oven atau di goreng akan menjadi sulit dibentuk dan hasilnya kurang bagus kalau untuk dijual. Oleh karena itu proses mixing adonan harus benar-benar kalis dan proses proofing adonan harus menggunakan suhu serta kelembaban yang pas serta waktu yang tidak terlalu sebentar atau tidak terlalu lama.

3 Jenis Adonan Setelah Di Proofing

Adonan roti dan donat ada 3 jenis setelah di prooing, apa sajakah itu? yuk cek selengkapnya di bawah ini :

Adonan Under Proofing

Adonan Under Proofing
Adonan Under Proofing

Pertama adalah adonan under proofing, adonan under proofing adalah proses proofing adonan yang terlalu cepat dan belum selesai waktunya, sehingga adonan belum mengembang sempurna. Ciri adonan under proofing adalah sebagai berikut :

  • Roti Bantat
  • Cenderung Keras
  • Bau Ragi Menyengat
  • Roti Tidak Layak Jual

Adonan Just Right

kedua adalah adonan just right, adonan just righ adalah adonan yang proses proofingnya tepat, tepat disini mencakup 3 kondisi, yaitu suhu ruangan proofing, kelembaban ruangan proofing dan waktu proofingnya.

Adonan Over Proofing

Adonan Over Proofing
Adonan Over Proofing

yang ketiga adonan over proofing, adonan over proofing adalah adonan yang proses proofingnya terlalu lama, suhu ruangan terlalu tinggi dan kelembaban ruangan proofing tidak stabil. Berikut ini adalah ciri adonan over proofing :

  • Roti kempes setelah di oven.
  • Bentuk donat jelek setelah digoreng.
  • Bagian dalam roti kopong.
  • Roti Menjadi Kering.

Cara Proofing Adonan Roti & Donat

Bagaimana cara proofing adonan roti dan donat agar hasilnya maksimal? Disini admin merekomendasikan untuk anda yang memiliki usaha roti manis, roti tawar, roti gembong dan usaha donat untuk menggunakan mesin proofer.

Lihat Juga : Wastafel Cuci Piring Minimalis Modern

Mesin proofer merupakan mesin khusus yang memang diciptakan untuk proofing adonan roti dan donat. Pada mesin proofer ini sudah dilengkapi pengatur suhu serta pengatur kelembaban. Sehingga saat proses proofing adonan, anda bisa mendapatkan suhu dan kelembaban yang stabil sesuai suhu dan kelembaban yang anda inginkan. Sehingga under proofing ataupun over proofing bisa anda atasi dengan mudah pakai mesin proofer ini. Mesin proofer ini memiliki banyak sekali keunggulan, untuk mengetahui lebih dalam tentang mesin proofing adonan roti dan donat bisa cek di artikel kami berikut : Apa itu Mesin Proofer? atau lihat katalog mesin profer di Katalog Produk Revon.

Berapa Lama Proofing Donat

banyak banget yang menanyakan proofing donat berapa lama, yah sesuai dengan pengalaman kami dalam meriset mesin proofer revon. Proses proofing donat yang ideal itu antara 30-50 Menit, disesuaikan dengan berat atau ukuran adonan. Biasanya semakin besar adonan, proses proofingnya juga semakin lama. Untuk produksi donatnya bisa dilihat divideo kami berikut ini :

Lihat Juga : Modal & Peluang Usaha Bolu Lapis Kukus

Dimana Beli Mesin Proofing Yang Bagus?

Anda yang ingin memulai bisnis roti manis, roti tawar atau bisnis donat dengan produksi kualitas terbaik. Sangat kami sarankan pakai mesin proofer ini, karena penggunaannya yang sangat mudah serta hasil proofing adonan menjadi lebih maksimal, akan membuat roti dan donat yang anda buat memiliki kualitas premium dan mampu bersaing dengan roti & donat yang ada di pasaran.

Lihat Juga : Meja Bar Cafe Stainless Steel Untuk Usaha Minuman Kekinian Mewah

Anda yang ingin beli mesin proofing adonan roti dan donat terbaik yang berkualitas dan hemat listrik, bisa memesannya langsung ke produsen mesin proofer ini. Pemesanan mesin proofer roti & donat bisa anda lakukan di revon teknologi selaku produsen utama mesin proofer ini. Anda bisa pesan secara online via telepon / whatsapp di nomor 628112636308, atau klik dibawah ini :

chat-via-WA-0811-263-6308

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tentang Revon Teknologi

Revon teknologi fabrikasi kitchen stainless untuk berbagai dapur komersil, seperti restoran, bakery, fried chicken & catering. Bisa custom ukuran, model sesuai kebutuhan dapur anda. KONSULTASI GRATIS !!

Most Recent Posts

  • All Post
  • Etalase Makanan
  • Griddle & Grill
  • Lain-Lain
  • Mesin Vacum & Sealer
  • Oven Listrik
  • Perlengkapan Dapur Bakery
  • Perlengkapan Dapur Resto
    •   Back
    • Oven Gas
    • Meja Stainless Steel
    • Deep Fryer
    • Steamer
    • Bain Marie
    • Grease Trap
    • Kwali Range & Gas Stove
    • Mixer Adonan
    • Warmer
    • Washing
    • Mesin Proofer
    • Cabinet Stainless Steel
    • Kitchen Equipment
    • Paket Perlengkapan Usaha

Nomor Rekening Revon

Nomor rekening revon yang resmi hanya sesuai dengan data rekening yang tertera di website ini atau yang dikirim oleh nomor 08112636308/0811252230

nomer rekening BCA revon teknologi

AlamatJl. Plumbon Raya, Plumbon, Sardonoharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581

Perusahaan

Tentang Kami

Kontak kami

Daftar Produk

Blog

Instalasi

Kitchen Set

Hood & Dusting

Gas Central

Kompor tanam

Help

Privacy Policy

Terms

Conditions

Penawaran Harga

Minta penawaran langsung ditangani oleh konsultan produk dengan harga terbaik.

© 2024 Revon Teknologi